Home Tech Tesla Semi : Truk Semi Elektrik Tesla akhirnya akan mulai diproduksi 2021
Tesla Semi Truk

Tesla Semi : Truk Semi Elektrik Tesla akhirnya akan mulai diproduksi 2021

by Wahyu Ilahi

Setelah bertahun-tahun tertunda, Tesla akhirnya akan memulai produksi Tesla Semi, truk semi-elektriknya.

Meskipun sudah ada beberapa truk listrik di jalan, tidak satupun dari mereka memiliki spesifikasi yang memungkinkan pengangkutan jarak jauh di semi-truk kelas 8, seperti yang dijanjikan Tesla Semi.

Saat meluncurkan Tesla Semi pada tahun 2017, pembuat mobil tersebut mengatakan bahwa versi produksi truk listrik, truk kelas 8 dengan kapasitas 80.000 lb, akan memiliki opsi jangkauan 300 mil dan 500 mil masing-masing seharga $ 150.000 dan $ 180.000.

Ini juga akan memiliki biaya operasi terendah dari truk semi mana pun, membuatnya sangat mengganggu dalam industri di mana setiap sen diperhitungkan.

Namun, kendaraan listrik telah mengalami banyak penundaan yang menghabiskan momentumnya.

Ketika diluncurkan pada tahun 2017, Tesla mengatakan bahwa itu akan datang ke pasar pada tahun 2019, dan mulai menerima reservasi dari banyak perusahaan yang ingin menggemparkan armada mereka.

Tesla tidak dapat mengirimkan truk pada 2019. Jadi ditunda pada 2020, yang menjadi 2021, tetapi sekarang semuanya benar-benar mulai bergerak.

Pada bulan Maret, Electrek secara eksklusif melaporkan bahwa Tesla sedang membangun jalur produksi untuk Tesla Semi di gedung baru di dekat Gigafactory Nevada untuk memproduksi lima truk listrik Tesla Semi per minggu pada akhir tahun.

Sekarang sumber yang mengetahui masalah tersebut memberi tahu Electrek bahwa jalur produksi gandar penggerak sudah siap dan jalur perakitan umum sedang melalui proses debug terakhir sebelum memulai produksi.

Ini adalah salah satu langkah terakhir sebelum memulai produksi truk serba listrik.

Musim panas lalu, CEO Elon Musk memberi tahu karyawan dalam email yang diperoleh Electrek bahwa “saatnya membawa Tesla Semi ke produksi volume” tanpa memperbarui timeline.

Baru-baru ini, Tesla telah mengindikasikan bahwa truk listrik akan memasuki produksi tahun ini dengan beberapa pengiriman ke pelanggan, tetapi perusahaan tidak merilis rincian tentang produksi yang direncanakan.

Tesla telah mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk menggunakan beberapa truk Tesla Semi pertama untuk operasinya sendiri, tetapi beberapa pemegang reservasi lama juga diperkirakan akan menerima pengiriman tahun ini.

Telah dilaporkan Tesla mempekerjakan teknisi layanan untuk Tesla Semi di California dan Ontario, Kanada, yang akan menunjukkan bahwa pengiriman pertama kemungkinan akan terjadi di wilayah tersebut.

PepsiCo, salah satu pemegang reservasi Tesla Semi terbesar Tesla, baru-baru ini menyatakan bahwa mereka berharap untuk menerima pengiriman 15 truk Tesla Semi untuk fasilitas Frito-Lay mereka di Modesto, California.

Jika Tesla tetap pada spesifikasi dan titik harga untuk Tesla Semi, sulit untuk melebih-lebihkan dampaknya terhadap industri truk.

Menggerakkan industri truk akan memiliki dampak besar pada emisi, tetapi dalam industri yang sangat kompetitif di mana setiap sen per mil sangat penting, keputusan sering dibuat dengan spreadsheet.

Di situlah Tesla Semi hadir dengan kapasitas yang mampu mencakup sebagian besar rute truk AS sambil memberikan biaya operasi yang lebih rendah berkat penghematan bahan bakar dan perawatan.

Mereka sudah menarik perhatian pemilik armada besar, seperti Walmart, Pepsico, dan perusahaan truk.

Sekarang jika akhirnya dapat mengirimkan truk listrik tersebut kepada pelanggan dengan kemampuan dan harga yang dijanjikan, kemungkinan akan memulai perubahan besar dalam industri truk.

Baca Juga :

Baca Juga