Home Travel Tempat Wisata di Bangkok Wajib Dikunjungi 2021
Tempat wisata di Bangkok

Tempat Wisata di Bangkok Wajib Dikunjungi 2021

by Wahyu Ilahi

Tempat Wisata di Bangkok Wajib Dikunjungi 2021 – Setelah Singapura, Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia. Keindahan alam serta kebudayaan dari Negeri Gajah Putih ini begitu populer di mata masyarakt Indonesia. Terlebih negara ini juga rata-rata menjadi tujuan wisata hemat budget bagi para wisatawan yang tidak ingin merogoh kantong terlalu dalam.

Thailand memang menjadi salah satu destinasi favorit para traveller untuk liburannya. Alasannya tidak lain karena pariwisata disana berkembang dengan cukup cepat. Negeri ini juga memiliki berbagai peninggalan sejarah, kuliner, budaya, dan wisata alam yang luar biasa menakjubkan.

Ibu kota Thailand dan mungkin juga menjadi salah satu ibu kota macet di planet ini, Bangkok adalah kota yang menarik, mengasyikkan, dan luar biasa untuk dikunjungi. Seperti banyak ibu kota lainnya, Bangkok tidak pernah tidur, selalu ada banyak aktivitas karena orang-orang bekerja sepanjang waktu dalam berbagai profesi mereka.

Dengan delapan juta penduduk yang tinggal di dalam kota, Anda akan menemukan diri Anda menghadapi setiap lapisan masyarakat, dari yang sangat miskin hingga yang sangat kaya, mereka semua berkumpul di satu kota dan masing-masing merasa seperti di rumah sendiri.

15 tempat wisata di Bangkok wajib dikunjungi 2021

1. Mengunjungi Wat Pho Untuk Melihat Buddha Berbaring

Tempat wisata di Bangkok
Image by mlproject

Tempat wisata di Bangkok yang pertama Wat Pho. Mengunjungi Wat Pho adalah suatu keharusan bagi setiap turis yang ke Bangkok, ini adalah rumah bagi Buddha Berbaring yang berdiri dengan tinggi lima belas meter dan panjang empat puluh enam meter, kakinya saja berukuran lebih dari lima meter. Seluruh patung ditutupi emas dan terlihat luar biasa saat Anda melihatnya dari dekat.

Di dalam kuil ada 108 mangkuk dan dalam perjalanan ke kuil Anda bisa membeli koin untuk mangkuk. Sejarah di balik ini adalah bahwa Buddha menyelesaikan 108 tindakan positif dalam perjalanannya menuju kesempurnaan. Saat Anda berada di kuil, Anda juga dapat berhenti sejenak untuk menikmati pijat tradisional Thailand yang terkenal.

2. Melakukan perjalanan dengan perahu di sepanjang Sungai Chao Phraya

Tempat wisata di Bangkok
Image by Regina Ajes

Beberapa orang menyebut Bangkok sebagai ‘Venesia dari Timur’, hal ini disebabkan oleh Sungai Chai Phraya yang mengalir melalui Bangkok dan semua kanal kecil yang mengumpan darinya. Sungai adalah urat nadi Bangkok, bahkan hingga saat ini 50.000 orang masih bekerja di salah satu dari sekian banyak feri yang naik turun.

Sungai Chao Phraya merupakan Tempat wisata di Bangkok yang disebut-sebut sebagai “Venesia dari Timur”. Melakukan perjalanan perahu menyusuri sungai sangat menarik karena Anda akan melihat kondominium bertingkat tinggi dan hotel mewah di satu bagian sementara Anda akan melihat gubuk kayu dan anak-anak bermain air di bagian lain. Jangan ragu untuk naik dan turun di halte mana pun yang dibuat feri untuk menjelajahi kota lebih jauh.

3. Hukum wajib mencoba Thai Massage

Bangkok
Image by Mr Director

Tempat wisata di Bangkok selanjutnya merupakan wajib hukumnnya harus Anda coba. Bagaimana tidak, hampir pasti Anda pernah mendengar tentang Thai massage dan bahkan mungkin pernah melihat tempat Thai massage di Indonesia. Tetapi tidak ada tempat bagi Anda untuk merasakan Thai message yang dilakukan sebaik yang Anda lakukan di negara asalnya.

Pengalaman pijat ala Thai massage akan memberi Anda kehidupan baru sekaligus membuat Anda merasa segar dan seimbang. Tempat pijat benar-benar ada di mana-mana sehingga Anda perlu melakukan penelitian untuk menemukan yang bagus di dekat hotel Anda.

4. Mencicipi Jajanan Pinggir Jalan

Selain mencoba Thai message, jalan-jalan di malam hari dan mencoba street food atau jajanan pinggir jalan juga menjadi salah satu hal wajib Anda coba ketika berada di Bangkok. Street food tersedia di berbagai sudut di Bangkok.

Dengan orang-orang Thailand yang memilih untuk makan hampir setiap kali makan di luar daripada memasak di rumah, popularitas street food sangat luar biasa. Di setiap jalan yang sibuk akan ada pedagang kaki lima yang menjual produk mereka kepada penduduk lokal dan turis, harganya murah karena di sinilah orang Thailand memilih untuk makan makanan mereka juga.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Pad Thai, tetapi ada begitu banyak street food selain hidangan yang satu ini. Anda akan mendapatkan warung-warung yang menjual segala macam makanan mulai dari Som Tam (rujak pepaya) hingga Cumi-cumi, semuanya dimasak di depan Anda siap untuk langsung dikonsumsi.

5. Mengunjungi Grand Palace yang sangat luas

Bangkok

Dari semua tempat wisata di Bangkok yang wajib dikunjungi, Grand Palace adalah daya tarik paling terkenal yang pernah ada. Anda tidak bisa pindah ke kota lain sampai Anda meluangkan waktu untuk berkunjung ke sini. Istana ini dulunya adalah rumah raja sekaligus tempat pemerintah Thailand melakukan pekerjaannya.

Perjalanan ke istana bisa memakan waktu berjam-jam karena luasnya lebih dari 214.000 meter persegi. Waspadai potensi penipuan saat berada di luar istana dan hanya bayar biaya masuk saat Anda benar-benar masuk.

6. Belanja sampai bangkrut di Siam Paragon

Tempat wisata di Bangkok

Surga pembelanja kelas atas, pusat perbelanjaan yang sangat populer yang menampung banyak toko berbeda untuk perancang busana kelas atas, akuarium terbesar di Asia Tenggara, bioskop multipleks yang besar, dan cukup banyak restoran untuk memberi makan Anda seumur hidup.

Ada lebih dari 250 toko di dalam mall, yang sebagian besar sering dikunjungi oleh orang kaya Thailand dan orang asing. Berbagai pabrikan mobil termasuk Ferrari dan Lamborghini juga memiliki ruang pameran di dalam kompleks jadi jika Anda berkantong tebal, Anda pasti akan menemukan apa yang Anda cari. Maka Siam Paragon adalah tempat wisata di Bangkok yang sangat cocok untuk Anda.

7. Menilik sejarah di Museum Nasional Bangkok

Bangkok

Museum Nasional Bangkok adalah rumah bagi koleksi artefak dan seni Thailand terbesar di seluruh Thailand. Museum ini pertama kali dibuka oleh Raja Rama V untuk memamerkan semua hadiah yang telah diberikan ayahnya kepadanya.

Ada banyak hal menarik untuk dilihat di museum ini seperti senjata Cina, batu mulia, boneka, pakaian dan tekstil, serta topeng Khon. Jika Anda pergi ke museum pada hari Kamis, Anda dapat diberikan tur dalam bahasa Inggris untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang segala sesuatu di museum.

8. Berkeliling di Pasar Chatuchak

Bangkok

Jika Anda suka berbelanja, Anda perlu mengunjungi tempat wisata di Bangkok yang satu ini. Dengan lebih dari 8000 kios seluas 27 hektar, Pasar Chatuchak adalah salah satu pasar terbesar di dunia. Buka setiap hari Sabtu dan Minggu, tempat ini menarik hampir 200.000 pengunjung setiap hari, Anda akan menemukan semua yang dapat Anda bayangkan untuk dibeli di sini dan sebagian besar dengan harga lokal daripada harga turis, sangat disarankan Anda membawa peta sebelum Anda pergi untuk menghindari Anda tersesat di pasar selama berjam-jam.

9. Wisata satwa di Kebun Binatang Dusit

Bangkok

Tempat wisata di Bangkok yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Kebun Binatang Dusit. Kebun Binatang Dusit adalah kebun binatang tertua di Thailand dan telah dibuka selama lebih dari 60 tahun. Ada berbagai macam hewan di dalam kebun binatang (sekitar 1600) termasuk monyet, aligator, singa, harimau, penguin dan kanguru. Kebun binatang ini juga memiliki rumah sakit hewan yang merawat semua penghuni kebun binatang serta pusat pendidikan, museum dan kereta api.

10. Berjalan-jalan di Lumpini Park

Tempat wisata di Bangkok

Dengan luas lebih dari 500.000 meter persegi, Lumpini Park menyediakan orang-orang Bangkok istirahat yang sangat dibutuhkan dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Nama taman ini berasal dari Sang Buddha yang lahir di Nepal. Bukan hal yang aneh ketika Anda berjalan melewati taman untuk melihat generasi tua Thailand berlatih Thai Chi mereka atau pasangan romantis bersantai di tepi danau. Pada akhir pekan, taman ini penuh dengan orang yang mengambil bagian dalam segala macam kegiatan, jadi waktu yang tepat untuk pergi adalah pagi hari atau sebelum matahari terbenam.

11. Menikmati malam di Nana Plaza

Bangkok

Terletak tepat di dekat stasiun BTS bernama Nana adalah sebuah tempat wisata di Bangkok bernama Nana Plaza, banyak orang mengira bahwa Nana Plaza adalah kompleks seks terbesar di dunia saat ini. Di sini Anda akan menemukan banyak bar yang penuh dengan wanita Thailand yang ingin menghibur Anda di malam hari dengan imbalan bayaran. Bahkan jika Anda tidak berniat untuk berpartisipasi dalam salah satu tawaran gadis-gadis itu, ada baiknya meluangkan waktu untuk duduk sambil minum dan melihat orang-orang berlalu-lalang.

12. Perang air di Festival Songkran

Bangkok

Jika Anda berlibur ke Thailand sekitar bulan April maka Anda tidak boleh melewatkan keseruan festival yang satu ini. Dirayakan setiap tahun antara tanggal 13 dan 15 April, Songkran adalah festival tradisional Tahun Baru Thailand dan tidak ada yang aman dari basah kuyup.

Dalam agama Buddha, diyakini bahwa dengan memercikkan air, dosa dan kesialan Anda akan terhapus. Saat ini percikan air telah berubah menjadi pertarungan air yang melibatkan seluruh negeri. Dengan kerumunan besar di Bangkok, tidak ada tempat yang lebih baik untuk mengalami festival ini karena kota ini menjadi satu pesta besar.

13. Melihat Pertunjukan Boneka Bangkok

Tempat wisata di Bangkok

Suatu keharusan mutlak bagi semua wisatawan yang pergi ke Bangkok, di sebagian besar pertunjukan boneka, dalang tersembunyi dari pandangan tetapi tidak dalam pertunjukan ini. Dalang adalah bagian dari pertunjukan dan dibutuhkan tiga orang untuk mengontrol setiap boneka.

Boneka menceritakan kisah rakyat klasik sementara orkestra langsung memainkan musik untuk menambah suasana. Desain dan pengerjaan yang ditetapkan untuk membuat alat peraga luar biasa seperti teknik para seniman juga.

14. Melihat keindahan Wat Arun

Tempat wisata di Bangkok

Ada lebih dari 30.000 kuil Buddha yang tersebar di seluruh Thailand dan tempat wisata di Bangkok satu ini adalah salah satu yang harus Anda lihat.

Kuil ini dinamai Aruna, Dewa Fajar. Terletak di tepi Sungai Chao Phraya adalah kuil indah yang berdiri setinggi 79 meter ini. Menara ini dilapisi ubin keramik dan porselen berwarna yang membuat pemandangan luar biasa saat Anda menangkapnya dalam cahaya yang tepat. Kuil itu sendiri dijaga oleh sepasang mitos raksasa yang menjaga pekarangan kuil.

15. Melihat-lihat Kuil Erawan

Tempat wisata di Bangkok

Terletak di salah satu area tersibuk di Bangkok adalah Kuil Erawan, Ini adalah kuil Brahman dan menarik begitu banyak pengunjung sehingga lebih populer daripada banyak kuil lainnya. Kuil yang dibangun pada tahun 1950-an ini dibuat karena para pekerja konstruksi di hotel terdekat terlalu percaya takhayul untuk melanjutkan pekerjaan mereka karena mereka merasa roh tanah tidak senang dan menyebabkan masalah di lokasi konstruksi. Kuil itu sendiri adalah dewa brahma bermuka empat dan orang-orang berkumpul di sana dan meletakkan karangan bunga dengan harapan keinginan mereka akan menjadi kenyataan.

15. Berkunjung ke Vimanmek Mansion

Tempat wisata di Bangkok

Vimanmek Mansion adalah bangunan kayu jati terbesar di dunia. Secara resmi tempat tinggal kerajaan itu hanya digunakan selama beberapa tahun sebelum dibiarkan kosong selama beberapa dekade.

Rumah besar itu sendiri sekarang menjadi museum yang menjadi rumah bagi banyak artefak kuno dan bahkan beberapa foto yang telah disumbangkan oleh Yang Mulia Raja. Saat Anda berada di halaman gedung, Anda dapat mengambil foto sebanyak yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak akan diizinkan untuk membawa kamera Anda ke dalam museum itu sendiri dan aturan berpakaian yang ketat diberlakukan, jadi pastikan Anda berpakaian dengan sopan.

Penutup

Thailand merupakan destinasi para turis yang luar biasa populer, Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk berkunjung ke negara ini, terutama berkeliling di Kota Bangkok. Namun, kocek yang lebih dalam juga akan memberikan pengalaman yang lebih baik. Bagaimana apakah sudah menyiapkan liburan ke Bangkok?

Baca Juga