Home Internet Hati-hati, Kenali 5 Jenis Penipuan di Marketplace
enis Penipuan di Marketplace

Hati-hati, Kenali 5 Jenis Penipuan di Marketplace

by Wahyu Ilahi

Hati-hati, Kenali 5 Jenis Penipuan di Marketplace – Tren jual beli secara online sebenarnya sudah marak sejak beberapa tahun yang lalu. Kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan membuat banyak orang melakukan kebiasaan belanja online ini, terutama kaum muda. Tak jauh beda dengan tempat belanja konvensional, masyarakat juga bisa mendapatkan apapun yang mereka butuhkan dengan belanja secara online.

Selain jual beli online secara langsung, tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan berbagai aplikasi marketplace. Untuk bisa menggunakan marketplace, pengguna diharuskan memiliki akun yang dibuat dengan alamat email maupun nomor telepon. Marketplace menawarkan banyak promo dan kemudahan bagi para penggunanya. Maka wajar jika marketplace sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini.

Tren belanja online berhasil membuat geliat perekonomian tidak benar-benar berhenti di masa pandemi ini. Cara belanja yang mudah itu menolong banyak orang tetap bisa mendapatkan kebutuhan meskipun banyak hal sedang dibatasi. Di sisi lain, tren ini juga melahirkan sisi negatif yang berupa kejahatan. Semakin banyak jenis penipuan di marketplace yang semakin mengkhawatirkan, seperti beberapa uraian di bawah ini.

Penipuan melalui Telepon Langsung

telepon

Penipuan jenis ini sudah dikenal sejak mulai banyak orang menggunakan ponsel. Modusnya masih sama yaitu memberi tahu bahwa pengguna mendapatkan hadiah dalam jumlah tertentu. Biasanya penelepon akan mengatasnamakan dirinya sebagai pihak dari marketplace tertentu. Hindari untuk memberi tahu informasi apapun termasuk data dalam akun marketplace kepada si penelepon. Jika tidak merasa sedang mengikuti program berhadiah apapun, sebaiknya abaikan.

Penipuan melalui Pesan Singkat

pesan singkat

Sama seperti jenis penipuan pertama, yang kedua ini juga bukan modus penipuan baru. Meski begitu, jenis penipuan di marketplace ini tetap perlu diwaspadai karena masih bisa menjaring banyak korban. Biasanya korban akan dikirimi pesan singkat yang berisi kabar telah memenangkan hadiah dengan menyebutkan nama marketplace tertentu. Pesan yang demikian juga umumnya disertai nomor telepon lain yang bisa dihubungi.

Baca juga : 5 Plugin WordPress Terbaik untuk Kompresi Gambar

Penipuan melalui Pesan Instagram

DM

Jenis penipuan yang berikut ini hampir sulit dikenali. Pasalnya pengirim pesan melalui Instagram biasanya menggunakan nama akun yang sangat mirip dengan nama marketplace tertentu. Untuk menghindarinya, Anda perlu tahu nama akun resmi dari marketplace tertentu. Jika teliti, sebenarnya tidak sulit membedakan akun Instagram palsu dan asli. Akun Instagram asli dari marketplace umumnya sudah terverifikasi dan memiliki tanda centang biru.

Penipuan melalui Whatsapp

pesan wa

Jika penipuan melalui telepon dan pesan singkat sudah terdengar umum, mungkin jenis penipuan di marketplace yang ini terdengar baru. Modus penipuannya juga dengan mengirimkan pesan kepada korban. Karena melalui Whatsapp, biasanya penipu juga akan menyertakan foto profil dan nama pengguna yang identik dengan marketplace tertentu. Hal ini untuk mengecoh korban agar mudah terpengaruh dan tidak menyadari bentuk penipuan tersebut.

Penipuan melalui Situs

Jenis Penipuan di Marketplace

Dari sekian banyak jenis penipuan yang biasanya dialami pengguna marketplace, penipuan yang ini merupakan sumber dari jenis penipuan lainnya. Jika diperhatikan dengan seksama, penipuan menggunakan pesan baik itu SMS atau Whatsapp pasti tidak hanya menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi. Kebanyakan pesan tersebut juga berisi alamat situs tertentu yang dibuat mirip dengan nama marketplace terkenal.

Dari jenis penipuan di marketplace melalui pesan SMS atau Whatsapp, korban diharapkan terhubung ke situs tersebut melalui link yang dikirimkan bersama dengan pemberitahuan hadiah. Tentu saja itu bukan link asli milik marketplace. Saat korban sudah masuk ke situs, ia akan semakin diarahkan untuk sampai pada tujuan si penipu. Misalnya dengan memasukkan kode OTP yang tidak disadari itu sebagai sebuah usaha untuk membobol akun korban.

Pembobolan akun korban dilakukan untuk menguras semua saldo yang biasanya ada di marketplace tersebut. Nantinya saldo itu akan diarahkan ke rekening pelaku seluruhnya. Penipuan melalui situs ini bisa dihindari dengan mengenali ciri-ciri situs palsu, seperti nama situs disingkat atau nama situs disertai angka atau kata yang mencurigakan.

Semua jenis penipuan di marketplace bisa dihindari dengan cara mengabaikan pesan-pesan yang tidak masuk akal. Apalagi jika Anda tahu bahwa marketplace tersebut tidak mengadakan undian berhadian dan Anda tidak terlibat di dalamnya. Maka sudah bisa dipastikan bahwa pesan yang menginformasikan hadiah itu adalah penipuan.

Baca Juga