Home Lifestyle Hindari! Ini dia gaya hidup tidak sehat ala milenial yang merugikan
gaya hidup tidak sehat

Hindari! Ini dia gaya hidup tidak sehat ala milenial yang merugikan

by Wahyu Ilahi

Hindari! Ini dia gaya hidup tidak sehat ala milenial yang merugikan. Seiring dengan semakin berkembangnya zaman menuntut orang-orang untuk hidup serba cepat dan instan. Sesuatu yang instan memang memiliki keunggulannya tersendiri. Namun, bukan berarti semua yang instan itu baik, ya.

Contohnya saja makanan instan. Ini menjadi salah satu gaya hidup masyarakat milenial di masa kini yang kurang sehat. Selain itu, masih banyak lagi gaya hidup yang sebaiknya dihindari. Apa saja? Simak ulasan berikut ini sampai selesai!

Makan yang Dimau, Bukan yang Perlu

Foto oleh Tim Samuel

Gaya hidup tidak sehat yang hampir dilakukan oleh semua orang saat ini adalah pola makan. Mengonsumsi apa yang diinginkan sudah menjadi kebiasaan. Padahal, belum tentu tubuh Anda memerlukan zat-zat yang terkandung dalam makanan tersebut, lho!

Namun, kebanyakan orang saat ini tidak memedulikan apa yang sebetulnya diperlukan tubuh. Alih-alih memberi tubuh nutrisi dan gizi yang tepat, justru melahap junk food terus-terusan. Tentunya ini berefek buruk meski tidak kelihatan saat itu juga karena efeknya hanya akan terlihat di kemudian hari.

Coba lihat, berapa banyak orang yang terkena penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan sebagainya? Penyakit-penyakit tersebut bukan muncul tanpa sebab. Salah satu pemicunya adalah gaya hidup tidak sehat terutama dari faktor makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari. Mulailah mengubahnya dengan mengurangi kemasan dan memperbanyak kupasan, seperti buah dan sayur.

Kurang Istirahat

Begadang, tampaknya menjadi pola baru dalam kebiasaan hidup masyarakat modern. Alasannya bisa saja karena lembur kerja, bahkan untuk sekadar main game online. Namun, sadarkah Anda bahwa kebiasaan ini berdampak sangat buruk pada tubuh?

Tak hanya bagi fisik, gaya hidup tidak sehat tersebut juga dapat mengganggu kesehatan mental. Pasalnya, malam hari pada dasarnya adalah waktu yang tepat untuk istirahat. Tidur malam akan mengendurkan otot-otot tubuh serta melepaskan hormon-hormon stres.

Jika jam istirahat ini terganggu, maka keesokan harinya kebugaran tubuh pasti berkurang. Sehingga, Anda tidak bisa menjalani hari dengan maksimal. Biasakan tidur malam antara 6-8 jam per hari untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Olahraga Hanya Kegiatan Musiman

Seiring dengan perkembangan jaman serta melesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia semakin dimanjakan. Apabila dulu Anda harus naik tangga untuk mencapai lantai teratas, sekarang ada lift. Bila dulu harus berjalan kaki, sekarang ada mobil. Hal ini memang baik, tapi juga menjadi salah satu faktor pemicu gaya hidup tidak sehat.

Tubuh jadi kurang bergerak. Apabila Anda tidak rutin berolahraga, maka penyakit-penyakit berbahaya seperti kardiovaskuler akan mengintai. Sayangnya, olahraga pun menjadi satu kegiatan yang tersisihkan oleh sebagian besar orang masa kini dan dianggap tidak penting.

Padahal, setiap hari seharusnya tubuh harus bergerak aktif minimal 15-30 menit. Artinya, olahraga harus dilakukan setiap hari, bukan hanya ajang musiman saja. Gaya hidup tidak sehat yang mengabaikan olahraga haruslah dihindari. Anda bisa mulai dari sekarang, dari olahraga paling ringan seperti berjalan kaki.

Gadget Menjadi Candu

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Manusia dan gadget di era ini bagaikan sahabat dekat yang tidak bisa dipisahkan, bagaikan amplop dan perangko yang selalu bersama-sama. Bagaimana tidak, setiap waktu dari bangun tidur sampai tidur lagi selalu berdampingan dengan gadget. Mulai dari ponsel, laptop, komputer, televisi, dan sebagainya.

Jika penggunaannya tidak dibatasi, maka hal tersebut termasuk dalam gaya hidup tidak sehat. Perangkat gadget yang menyala akan memaparkan blue light. Jika terjadi terus menerus, ini bisa mengganggu pola tidur dan penglihatan. Parahnya lagi, penyakit-penyakit yang lebih serius seperti kanker juga menjadi risiko.


Nah, itu dia beberapa gaya hidup tidak sehat yang jadi kebiasaan masyarakat milenial di masa kini. Selain itu, ada juga rokok dan alkohol, serta kurangnya minum air putih. Yuk, ubah kebiasaan buruk tersebut dari sekarang dan mulailah menerapkan gaya hidup sehat. Sehat itu murah kok, yang mahal justru ketika Anda sakit. Semoga bermanfaat dan sehat selalu!

Baca Juga