Home Info Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Dosis 1 dan 2
Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Dosis 1 dan 2

by Wahyu Ilahi

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Dosis 1 dan 2 – Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia saat ini masih terus berjalan seiring dengan rencana pemerintah dalam vaksinasi nasional. Bagi masyarakat yang sudah melaksanakan vaksinasi, maka akan memperoleh sertifikat vaksin sebagai bukti.

Sertifikat vaksin akan diberikan sebanyak 2 kali sesuai dengan ketentuan vaksin sebanyak 2 kali, yaitu sertifikat vaksin dosis pertama dan kedua.

Saat ini, sertifikat vaksin tergolong sangat penting karena menjadi syarat baru dalam melakukan berbagai aktivitas perjalanan atau syarat akses ke sejumlah fasilitas publik.

Cara mendapatkan sertifikat vaksin

1. SMS

Sertifikat vaksin biasanya akan didapat melalui SMS dari 1199 sesudah Anda melakukan vaksinasi. Berapa lama waktu mendapatkan sms biasanya beragam, bisa 1 jam setelah vaksin atau bahkan 5-10 menit setelah vaksin, bahkan bisa beberapa hari/minggu setelah vaksin baru mendapat SMS sertifikat vaksin.

Sertifikat yang dikirimkan melalui sms adalah berupa link, ada 2 tipe link yang akan dikirimkan tergantung dari sistem.

Link pertama dan paling mudah adalah link dengan awalan https://assets.pedu… bla bla. Dengan mengklik link tersebut Anda tidak perlu bersusah payah, karena Anda akan langsung dibawa ke sertifikat vaksin Anda, yang perlu Anda lakukan adalah tinggal mendownloadnya saja.

Link kedua adalah link dengan awalan https://pdld.id…. bla bla. Link yang kedua ini merupakan link yang cukup ribet apalagi bagi yang buta teknologi (kebanyakan orang tua) karena Anda harus daftar/membuat akun pedulilindungi terlebih dahulu. Setelah membuat akun pedulilindungi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi NIK sesuai petunjuk, dan sertifikat vaksin Anda akan langsung muncul.

2. Pedulilindungi

Sertifikat Vaksin pedulilindungi

Bila Anda tidak kunjung mendapatkan SMS dari 1199 maka cara berikutnya adalah dengan cek langsung di pedulilindungi. Dengan membuat akun pedulilindungi dan mengisi semua data dengan benar sesuai KTP Anda, maka sertifikat vaksin akan secara otomatis langsung sinkron dengan akun pedulilindungi Anda.

Saran dari saya adalah usahakan daftar akun pedulilindungi dengan menggunakan nomor telepon yang sama ketika Anda melakukan vaksinasi. Hal ini akan membantu proses sinkronisasi lebih cepat, karena proses sinkronisasi membutuhkan NIK dan Nomor telepon yang sama untuk sinkronisasi otomatis.

Saya belum dapat sertifikat vaksin?

Pertanyaan ini biasanya datang dari masyarakat kepada petugas pada saat vaksin kedua dan sering kali ditanyakan pada CS Pedulilindungi di 119.

Hal ini bisa disebabkan dari beberapa faktor, antara lain :

1. Kurang aware pada SMS

Kurang awarenya masyarakat pada SMS (tidak memeriksa SMS) kebanyakan masyarakat sendiri ketika ditanya untuk memeriksa SMS, malah membuka Whatsapp. Hal ini dikarenakan di jaman yang semakin canggih, aplikasi pesan lama seperti SMS semakin diabaikan. Sehingga masyarakat perlu lebih di ingatkan dalam hal ini.

2. Minim Sosialisasi

Kurangnya informasi dan sosialisasi dari petugas pada saat vaksinasi, hal ini juga mempengaruhi faktor pertama. Meskipun masyarakat tidak aware terhadap SMS dan itu wajar, tapi jika informasi ini di sampaikan oleh petugas pada saat vaksinasi dosis 1, maka masalah ini tidak akan terlalu banyak.

3. Nomor tidak aktif

Banyak juga masyarakat yang ketika diminta nomor telepon oleh petugas, malah memberikan nomor yang tidak aktif, dengan alasan nomor tersebut merupakan nomor Whatsapp (berhubungan dengan faktor pertama).

Selain dari beberapa faktor diatas, ada beberapa faktor lain salah satunya adalah nomor telepon harus memiliki pulsa. SMS dari 1199 memang tidak menyedot pulsa Anda, tapi untuk lebih memastikan akan lebih baik untuk nomor telepon Anda memiliki pulsa dan dalam keadaan aktif bukan dalam masa tenggang.

Bila dari ketiga faktor diatas tidak menjadi alasan Anda, dan Anda tetap tidak kunjung mendapatkan sertifikat vaksin dari SMS, maka cek langsung ke pedulilindungi.id merupakan satu-satunya solusi untuk Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara mendapatkan sertifikat vaksin yang bisa Anda coba. Agar lebih simple dan mudah printlah hasil sertifikat vaksin Anda menjadi bentuk kartu seperti yang sedang ramai saat ini.

Mari kita membantu pemerintah dalam program vaksinasi Covid-19 demi Indonesia bebas Covid untuk kepentingan dan kesehatan kita bersama, karena vaksin itu gratis.

Baca Juga