Home Lifestyle Agar bertahan, begini gaya hidup di masa pandemi yang perlu diterapkan
gaya hidup di masa pandemi

Agar bertahan, begini gaya hidup di masa pandemi yang perlu diterapkan

by Wahyu Ilahi

Agar bertahan, begini gaya hidup di masa pandemi yang perlu diterapkan. Pandemi Covid-19 masih belum berlalu. Hal ini tentu mengubah banyak hal, mulai dari tatanan ekonomi, sosial, bahkan budaya dalam masyarakat.

Mau tidak mau, masyarakat harus mulai beradaptasi di masa pandemi. Perubahan gaya hidup pun mulai kentara. Siapa yang ingin tetap bertahan di masa ini tentunya harus mengikuti perubahan gaya hidup yang ada.

Nah, berikut beberapa gaya hidup di masa pandemi yang perlu diterapkan. Simak ulasannya, ya!

Mematuhi Protokol Kesehatan

gaya hidup di masa pandemi

Protokol kesehatan yang ada semenjak covid mulai merebak, hampir sama di seluruh dunia. Kini, semua orang tidak bisa keluar tanpa memakai masker. Tujuannya adalah untuk melindungi diri sendiri dan orang lain agar risiko penularan semakin minim.

Selanjutnya, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun juga menjadi kewajiban. Tempat-tempat umum kini hampir semuanya menyediakan tempat cuci tangan. Selain itu, protokol kesehatan yang menjadi gaya hidup di masa pandemi adalah tidak boleh berkerumun. Jika ingin diri sendiri dan orang-orang tercinta tetap aman, maka gaya hidup satu ini harus dipatuhi.

Harus Melek Teknologi

gaya hidup di masa pandemi
Foto by Edward Jenner

Wabah covid mau tidak mau membuat masyarakat lebih melek teknologi. Apa-apa yang sekarang dilakukan serba online, mengharuskan siapa saja untuk mendalaminya, bahkan tidak pandang usia.

Semua pekerjaan, bahkan kegiatan belajar mengajar kini dilakukan di rumah. Baik dari sisi pekerja, orangtua, juga anak didik sendiri harus menguasai teknologi. Jika tidak, maka risiko tinggal kelas atau pengulangan semester siap mengintai. Begitu pula dengan karyawan yang bekerja di rumah, ini menjadi bagian dari gaya hidup di masa pandemi.

Olahraga Mulai Dilirik

gaya hidup di masa pandemi

Covid nampaknya membuat banyak orang lebih peduli akan pentingnya menjaga imunitas tubuh. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. Selama pandemi, kegiatan ini mulai banyak dilirik oleh sebagian besar orang. Mulai dari olahraga ringan seperti jalan kaki, lari pagi, juga bersepeda.

Aktivitas di tempat fittnes juga meningkat bagi sebagian orang yang ingin terkesan elit dalam berolahraga. Bahkan, beberapa daerah termasuk Ibukota menggalakkan gerakan bersepeda supaya masyarakatnya mau berolahraga. Gaya hidup di masa pandemi ini berdampak positif.

Tamasya Virtual

gaya hidup di masa pandemi

Gaya hidup baru pun bermunculan berbarengan dengan mewabahnya covid. Karena pergerakan yang dibatasi, banyak orang yang mengeluh lantaran tidak bisa menyalurkan hobi travelingnya. Jalan-jalan ke luar kota, bahkan ke luar negeri memang diperketat semenjak pandemi.

Hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang pintar dalam bidang IT. Dengan membuat berbagai aplikasi, kini tamasya secara virtual menjadi bagian dari gaya hidup di masa pandemi. Meski tidak bisa hadir langsung secara fisik, namun mata akan dimanjakan dengan pemandangan tempat yang ingin dituju.

Tren Saham Meningkat

Sebenarnya, jika mau ditelisik, pandemi membawa banyak perubahan yang positif. Meski dalam bidang ekonomi bisa dikatakan anjlok, tapi banyak juga orang yang semakin melek finansial karena pandemi. Mereka mulai berpikir pentingnya tabungan atau investasi untuk menghadapi masa-masa sulit seperti ini.

Hal tersebut berakibat pada tren investasi saham yang meningkat. Lebih banyak orang yang tertarik mempelajari saham sehingga menjadi sebuah gaya hidup di masa pandemi. Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai terjun untuk berinvestasi dalam bentuk saham tersebut.

Pasar Online Makin Pesat

Pandemi membuat pasar online semakin meningkat pesat. Aturan agar di rumah saja membuat orang lebih memilih memenuhi kebutuhan mereka secara online. Bisnis lain seperti ekspedisi juga semakin terdongkrak, berbanding dengan toko-toko offline yang mulai sepi.

Selain pasar online yang meningkat pesat, sektor lain yang ikut naik mengikutinya tidak lain adalah dompet digital / e-money. Salah satu faktor meningkatnya pasar online juga tidak lepas dari peran pembayaran digital yang semakin di mudahkan, mengingat di masa pandemi masyarakat lebih memilih uang digital ketimbang uang real.


Nah, itu dia beberapa gaya hidup di masa pandemi yang bermunculan. Beberapa di antaranya memang perlu diterapkan supaya dapat bertahan di masa wabah ini. Bagaimana menurut Anda? Adakah gaya hidup lain yang baru-baru muncul karena pandemi covid?

Baca Juga