Home Travel Wisata Premium : 15 Tempat Terindah Di Swiss Paling Populer
tempat terindah di swiss

Wisata Premium : 15 Tempat Terindah Di Swiss Paling Populer

by Wahyu Ilahi

Tempat-tempat terindah di Swiss berkisar dari kota resort pegunungan dan desa hingga kota-kota yang terletak di danau dan sungai. Tapi kota-kota Swiss mana yang paling indah?

Terselip di jantung Eropa Tengah, Swiss dikemas dengan beberapa tempat paling indah di benua Eropa dengan lanskap yang luar biasa epik. Namanya sendiri membuat kita berpikir tentang jam tangan mewah, bank besar, dan cokelat, tetapi ada lebih dari yang terlihat di Swiss. Lebih banyak lagi.

Dari kota-kota dongeng dan kota-kota yang dikelilingi oleh pegunungan berselimut salju hingga beberapa sungai dan danau paling murni di dunia, Swiss adalah negara di mana rasa cepat saja tidak cukup. Pemandangan alpine yang dramatis, makanan lezat, dan kota-kota yang lucu dimaksudkan untuk dinikmati perlahan, dan akan selalu membuat kita kembali lagi.

Sudah pasti, kita akan membutuhkan biaya yang cukup besar dan menguras dompet untuk memuaskan hasrat berkelana Swiss, tetapi sangat berharga untuk mengalami semua yang ditawarkan negara menakjubkan ini.

1. Lucerne dan Danau Lucerne

Bayangkan sebuah danau biru berkilauan yang dikelilingi oleh pegunungan, kota tua abad pertengahan yang bebas mobil, jembatan tertutup, kawasan pejalan kaki tepi laut, bangunan bersejarah dengan lukisan dinding, dan alun-alun yang disinari matahari dengan air mancur yang menggelegak. Tidak heran Lucerne (dalam bahasa Jerman, Luzern) adalah salah satu tempat terindah di Swiss bagi wisatawan. Terkenal dengan konser musiknya, kota Swiss klasik ini memikat solois, konduktor, dan orkestra terkenal ke Festival Musik Internasional tahunannya.

Salah satu landmark kota yang paling terkenal adalah Chapel Bridge, yang dibangun pada abad ke-14. Di sebuah taman kecil, terletak Monumen Singa yang terkenal, patung singa yang sekarat, yang menghormati kematian heroik Pengawal Swiss selama serangan di Tuileries dalam Revolusi Prancis. Penggemar sejarah akan menikmati Museum Transportasi Swiss dengan pameran ekstensif tentang semua bentuk transportasi, termasuk perjalanan udara dan ruang angkasa, lokomotif kereta api, dan Planetarium.

Untuk pemandangan Lucerne, Alpen, dan danau yang indah, naik kereta gantung ke Dietschiberg di sisi utara Danau Lucerne; berlayar ke atas Gunung Pilatus di jalur kabel; atau pergilah ke Rigi, tempat pengamatan yang terkenal.

Danau Lucerne, dan jembatan tertutup yang menawan, Kapellbrücke. Pemandangan penting ini memberikan pemandangan yang menakjubkan di tengah latar belakang gunung yang epik. Selain itu, Lucerne adalah tempat populer untuk berbelanja, di mana Anda bisa membeli kartu pos (mahal) yang menampilkan semua hal di atas.

2. Zermatt dan Matterhorn

Terletak di Swiss selatan, ini adalah resort ski tertinggi di Swiss. Zermatt adalah desa Alpine bebas mobil yang terkenal dengan keindahan kartu posnya dan lokasinya yang dekat dengan Matterhorn yang megah. Lereng curam gunung yang terkenal ini pernah mengintimidasi pejalan kaki bahkan untuk mencoba mendakinya.

Sejak upaya pertama yang berhasil pada tahun 1865, banyak pendaki gunung yang lebih berani telah berhasil mencapai puncak gunung yang terkenal itu. Daerah ini dengan mudah menjadi salah satu tempat terindah di Swiss wajib dikunjungi tetapi pemandangan seperti ini ada harganya – akomodasi di Zermatt termasuk yang paling mahal di negara ini.

Bila berwisata ke Zermatt, bintangnya tidak diragukan lagi adalah Matterhorn, salah satu gunung tertinggi dan terindah di Swiss.

Matterhorn, puncak runcing ikonik Swiss adalah salah satu gunung tertinggi di Pegunungan Alpen. Di perbatasan dengan Italia, puncak legendaris ini menjulang setinggi 4.478 meter, dan empat permukaannya yang curam menghadap ke arah mata angin. KTT pertama pada tahun 1865 berakhir tragis ketika empat pendaki jatuh dan tewas saat turun. Saat ini, ribuan pendaki berpengalaman datang ke sini setiap musim panas.

Di kaki puncak yang perkasa ini, terletak desa Zermatt yang menawan, resor internasional teratas dengan kereta kuda, vila kuno, dan restoran serta hotel kelas dunia. Untuk menjaga kualitas udara dan suasana damai, kendaraan bermotor dilarang.

Di musim dingin, pemain ski dapat menuruni lereng lebih dari 300 kilometer. Di musim panas, berenang dan tenis adalah kegiatan populer serta hiking, bersepeda, dan mendaki di pegunungan sekitarnya. Ski gletser musim panas juga tersedia.

Lebih dari itu, Zermatt merupakan tujuan sepanjang tahun. Dari Januari hingga Maret, ini adalah negeri ajaib musim dingin dengan pemandangan ski yang luar biasa. Mulai bulan April dan seterusnya, kota ini menjadi kota resor musim panas, di mana Anda masih bisa bermain ski di Pegunungan Alpen Swiss jika mau.

3. Zurich

tempat wisata di swiss

Terletak di pantai utara danau eponymous, Zurich menjadi salah satu tempat terindah di Swiss menenangkan hati dengan panorama megah Alpen yang tertutup salju di cakrawala.

Zurich adalah kota terbesar di Swiss, pusat transportasi utama, dan titik awal teratas bagi para wisatawan. Kota ini terletak di ujung barat laut Danau Zurich di atas sungai Limmat. Di luar fasadnya yang berkancing, ibu kota perbankan yang makmur ini menawarkan deretan kekayaan budaya yang kaya.

Tempat yang bagus untuk memulai tur jalan kaki adalah jalan-jalan berbatu di Kota Tua dengan toko-toko kuno, kafe, dan galeri. Bahnhofstrasse sepanjang satu mil, salah satu tempat belanja terbaik di Eropa, mengundang toko desainer yang menjual mode, jam tangan, dan perhiasan.

Menjelajah jauh dari butik, pengunjung akan menemukan lebih dari 50 museum dan 100 galeri seni, serta banyak tempat wisata lainnya. Pilihan utama adalah Kunsthaus Zürich, museum seni rupa, dengan koleksi seni yang mengesankan dari Abad Pertengahan hingga saat ini. Favorit lainnya adalah Museum Rietberg, yang berfokus pada seni non-Eropa dengan banyak karya dari Cina, India, dan Afrika.

Berjalan kaki singkat dari stasiun utama Zürich, Museum Nasional Swiss, di sebuah puri Gotik, menyoroti sejarah budaya Swiss. Bagi Anda yang berkeluarga pasti akan menyukai Kebun Binatang Zurich dengan taman gajah, parade penguin, dan paviliun Madagaskar. Dari kota, naik kereta ke Gunung Uetliberg untuk melihat panorama kota dan pedesaan.

4. Bern

tempat terindah di swiss

Ada banyak kota yang indah untuk dikunjungi di Swiss tetapi Bern, yang terletak di dekat pusat negara, cukup istimewa. Di lokasi yang menakjubkan, bertengger di semenanjung Sungai Aare, ibu kota Swiss Bern memancarkan pesona dunia lama, dan kota tua abad pertengahan kota ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota ini merupakan salah satu ibu kota terkecil di Eropa.

Ini adalah kota yang padat dan santai di mana waktu bergerak lambat dan penduduk setempat tampaknya tidak seramai kota-kota lain. Kota ini menjadi salah tempat terindah di Swiss yang harus masuk list perjalanan Anda.

Berjalan-jalan di sepanjang jalan berbatu, pengunjung dapat menjelajahi katedral tertinggi di Swiss, dengan pemandangan panorama dari menaranya; air mancur abad ke-16; menara jam abad pertengahan Zytglogge dengan boneka bergerak; dan enam kilometer pusat perbelanjaan, yang disebut “Lauben” oleh penduduk setempat. Rose Garden (Rosengarten) menawarkan pemandangan pusat kota tua yang indah.

Bern memiliki banyak tempat wisata yang menunggu untuk ditemukan, termasuk banyak museum yang sangat bagus. Pecinta seni akan menghargai galeri yang mengesankan, termasuk Zentrum Paul Klee, koleksi karya seniman terkenal terbesar di dunia, dan Museum Seni Bern (Kunstmuseum). Jangan lewatkan pasar yang diadakan di Bundesplatz (alun-alun parlemen) dengan pemandangan gedung parlemen bergaya Renaisans yang elegan (Bundeshaus).

Baca juga :

5. Grindelwald

tempat terindah di swiss

Tidak jauh dari ibu kota terdapat sebuah desa bernama Grindelwald, pintu gerbang ke Wilayah Jungfrau. Ini adalah salah satu tempat terindah di Swiss, di mana Anda akan menemukan banyak kesempatan untuk mendaki dan bermain ski.

Grindelwald yang indah adalah desa gletser di wilayah Jungfrau, yang merupakan tempat yang tepat untuk berpetualang ke pegunungan di sekitarnya. Ini terletak di dasar pegunungan bersalju dan merupakan salah satu resor tertua dan paling populer di Swiss. Menjulang di atas lembah alpine ini adalah Wetterhorn berbentuk mahkota dan wajah utara Eiger, salah satu pendakian paling dramatis dan sulit di planet ini. Di antara pegunungan terletak dua gletser berkilauan Grindelwald. Untuk pemandangan terbaik, Faulhorn, pada ketinggian 2.681 meter, menawarkan panorama puncak raksasa yang menakjubkan.

6. Interlaken

tempat wisata di swiss

Seperti namanya, Interlaken terjepit di antara dua danau. Terletak di antara Danau Thun di barat dan Danau Brienz di timur, Interlaken adalah tempat terindah di Swiss yang menjadi salah satu resor liburan musim panas paling populer.

Di pusat kota, Höhematte adalah keajaiban perencanaan kota dengan 35 hektar ruang terbuka. Taman bunga, hotel, dan kafe mengelilingi Höheweg, jalan raya utama di sini dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Puncak menara Eiger, Mönch, dan Jungfrau di atas kota memberikan peluang bagus untuk petualangan alpine. Hiking, climbing, abseiling, dan kayaking adalah kegiatan utama.

Lebih dari 45 kereta api gunung, kereta gantung, kursi gantung, dan lift ski mengangkut pengunjung ke pedesaan sekitarnya dan menawarkan banyak kesempatan untuk jalan-jalan dari atas. Di musim dingin, pemain ski dan snowboarder dapat memilih dari resor sekitarnya dan ski lintas alam di sepanjang jaringan jalur yang luas. Di musim panas, paraglider diluncurkan dari Beatenberg-Niederhorn. Untuk mengagumi pemandangan dari ketinggian yang lebih rendah, naik kapal uap dayung untuk berlayar di sekitar danau.

Pemandangannya benar-benar menakjubkan dengan pegunungan berselimut salju di sekitarnya yang ditaburi air terjun, danau glasial, dan padang rumput alpine hijau yang subur. Ini juga merupakan pintu gerbang transportasi utama ke pegunungan dan danau di wilayah itu, menjadikannya basis yang sangat baik untuk menjelajah.

7. Basel

tempat terindah di swiss

Dibagi dua oleh Sungai Rhine, Basel, kota Swiss terbesar ke-3, dengan bangga berada di antara Jerman dan Prancis. Ini berutang keragaman budaya serta campuran gaya arsitektur yang aneh ke posisi geografis yang unik ini. Ini mungkin satu-satunya tempat di Bumi dari mana Anda bisa melakukan perjalanan ke negara lain (lebih tepatnya, ke dua negara asing) dengan trem.

Ini adalah salah satu tempat terindah di Swiss yang cukup berbeda sejauh ini. Tidak ada gunung menjulang yang menjuntai di atas kota, juga tidak ada kemiripan dengan kota dongeng kartu pos.

Jika Anda memutuskan untuk fokus hanya pada pusat Basel, Anda akan memiliki banyak hal untuk dilihat dan dilakukan. Pergilah ke alun-alun pasar dengan gedung-gedung pemerintah yang dihias dengan indah dan katedral Gotik untuk berendam dalam sejarah atau mengunjungi salah satu dari 40 museum lokal – itu adalah bukti nyata bahwa Basel adalah kota seni.

Selama musim panas, Basel sangat indah dan hidup. Sungai Rhine memberi penduduk setempat dan pengunjung kolam renang musim panas yang indah. Pemandangan alfresco di sepanjang tepi sungai, di tengah latar belakang Kota Tua, membuat pemandangan yang luar biasa!

8. Danau Jenewa (Lake Geneva)

tempat wisata di swiss

Swiss sering disebut negara pegunungan dan danau – memiliki sekitar 1500 danau, dan setiap danau indah dengan caranya sendiri. Air yang paling memesona mungkin adalah Danau Jenewa, danau terbesar di Pegunungan Alpen Swiss dan pusat air tawar terbesar kedua di Eropa Tengah.

Danau Jenewa, danau Alpen terbesar di Eropa, melintasi perbatasan Swiss/Prancis, dan berada di tepi beberapa kota paling populer di Swiss. Kota Jenewa (dalam bahasa Prancis Genève; dalam bahasa Jerman Genf) terletak di antara puncak-puncak yang tertutup salju indah pada titik di mana Rhône tumpah ke Danau Jenewa.

Kawasan pejalan kaki, taman, dan kebun mengelilingi danau, dan kota tua adalah tempat yang indah untuk berjalan-jalan di antara bangunan bersejarah. Jet d’Eau, air mancur di Danau Jenewa yang menyemburkan air setinggi 150 meter ke udara, adalah tengara yang terkenal. Atraksi budaya termasuk Opera House dan Grand Théâtre, yang mementaskan pertunjukan internasional.

Juga di danau, sekitar 62 kilometer dari Jenewa, Lausanne menawarkan pemandangan indah ke wilayah sekitarnya dan danau, dengan Pegunungan Alpen menjulang di kejauhan. Berjalan-jalanlah di kota tua abad pertengahan dengan kafe dan butik yang lucu dan katedral Gotik yang menakjubkan. Di kaki Pegunungan Alpen, di Danau Jenewa, Montreux menjadi tuan rumah Festival Jazz Montreux yang terkenal di dunia pada bulan Juni/Juli.

Ini mempesona dengan keindahannya yang murni dan air yang luar biasa jernih. Bukan apa-apa jika dibandingkan dengan cermin – Pegunungan Alpen yang menutupinya dari angin membuat permukaan air tak tergoyahkan. Cermin alami ini mencerminkan puncak gunung bergambar kartu pos, kebun anggur, pohon cemara tinggi, bangunan, dan kastil abad pertengahan yang tersebar di lereng.

Liburan pantai di Danau Jenewa benar-benar hiburan yang unik – hanya di sini Anda dapat berjemur sambil mengagumi puncak yang tertutup salju.

9. Chateau de Chillon

wisata di swiss

Di tepi Danau Jenewa, dekat Montreux, Chateau de Chillon (Kastil Chillon) telah menginspirasi seniman dan penulis selama berabad-abad. Lord Byron, Jean Jacques Rousseau, dan Victor Hugo termasuk di antara tokoh-tokoh yang telah menulis tentang harta arsitektur ini.

Dulunya merupakan benteng Counts dan Dukes of Savoy dari abad ke-12, kompleks ini mencakup sekitar 25 bangunan yang berkerumun di sekitar tiga halaman. Sorotan termasuk Aula Besar, dengan pemandangan Danau Jenewa yang menakjubkan; ruang bawah tanah Gotik; Kapel, dihiasi dengan lukisan abad ke-14; dan Camera Domini, kamar tidur yang ditempati Duke of Savoy yang dihiasi mural abad pertengahan.

10. St Moritz

tempat terindah di swiss

Danau seperti cermin, gletser, puncak bergerigi, hutan alpine, dan banyak sekali sinar matahari menjadikan St. Moritz salah satu tujuan gunung teratas dunia dan harus ada dalam daftar tempat terindah di Swiss.

Salah satu resor ski tertua di dunia adalah puncak Lembah Engadin dan cenderung menarik banyak orang. St. Moriz menawarkan 322 hari cerah per tahun. Mungkin inilah mengapa dinasti kerajaan, politisi, miliarder, dan selebriti lebih memilih St. Moriz sebagai resor pilihan mereka.

Terletak di lembah alpine 1.800 meter di atas permukaan laut, kota ini dibagi menjadi dua bagian: St. Moritz Dorf terletak di teras cerah yang menghadap ke Danau St. Moritz. Bagian lain kota, St. Moritz Bad di tepi danau di dasar lembah, adalah resor kesehatan dengan penginapan yang lebih murah. Olahraga musim dingin banyak sekali, mulai dari ski, snowboarding, skating, dan bobsledding hingga tobogganing di Cresta Run yang terkenal sepanjang 1,2 kilometer.

Di musim panas, hiking, bersepeda, dan olahraga air berlimpah. Ski gletser juga tersedia di musim panas. Menambah semua pemandangan gunung yang spektakuler ini, St. Moritz adalah persimpangan budaya. Bahasa Romansch, Jerman, Italia, Prancis, dan Inggris semuanya digunakan di daerah sekitarnya—belum lagi bahasa yang berbeda dari banyak pengunjung dan ekspatriat internasional yang kaya.

11. Kastil Oberhofen

tempat wisata di swiss

Tepat di tepi Danau Thun dan dikelilingi oleh taman seluas 2,5 hektar, kastil abad ke-13 ini adalah salah satu wisata di Swiss yang paling menakjubkan. Karena Kastil Oberhofen berpindah tangan berkali-kali selama berabad-abad, dan pemilik baru terus menambahkan kamar ke dalamnya, hasilnya adalah perpaduan magis dari banyak gaya: bangunan bergaya Barok Bernese, fasad bergaya Romantis, dan area baru eksotis yang terinspirasi Prusia (termasuk perpustakaan dan ruang merokok).

Kastil ini juga memiliki museum hidup yang menampilkan zaman dan kehidupan masyarakat feodal yang menyebut kastil (dan sekitarnya) sebagai rumah dari abad ke-16 hingga ke-19.

12. Brienz

tempat terindah di swiss

Brienz adalah desa tradisional yang terletak di tengah pegunungan yang menjulang tinggi dan tepat di tepi Danau Brienz yang berwarna biru kehijauan. Salah satu tempat terindah di Swiss ini terletak di dekat Interlaken tetapi layak disebutkan secara khusus.

Di sini sebagian besar rumah diukir dari kayu dan berasal dari abad ke-18, memberikan keindahan kotak cokelat.

13. Villars-Sur-Ollon

tempat wisata di swiss

Terletak di selatan Lembah Rhone yang diterangi matahari, kota resor kelas atas yang cantik di Villars-sur-Ollon menawarkan pemandangan Dan du Midi dan Mont Blanc yang menakjubkan, serta Danau Jenewa. Resor ski yang terkenal di dunia ini menawarkan 25 kilometer lereng salju utama dan 44 kilometer jalur ski lintas alam.

Selain itu, tempat wisata di Swiss satu ini memiliki tiga taman salju, taman kanak-kanak salju, bukit sledding, dan banyak jalur hiking musim dingin, belum lagi aktivitas ski yang meriah. Jika setelah hari yang sibuk Anda ingin merasakan relaksasi sejati, banyak pusat kesehatan di area mata air panas menanti Anda.

Di musim panas, kegiatan utama Villars-sur-Ollon adalah hiking, bersepeda gunung, dan golf. Anda dapat menjelajahi lebih dari 300 km rute trekking yang ditandai dan 150 km jalur sepeda gunung. Salah satu rute paling menarik mengarah ke danau gunung Lac de Chavonne, Lac de Bretaye, dan Lac Noir.

14. Spiez

tempat terindah di swiss

Spiez adalah kota kecil di teluk Danau Thun yang indah. Kota ini sangat indah di musim panas ketika dipenuhi dengan tanaman hijau subur dan bunga menjadikannya salah satu tempat terindah di Swiss. Tidak seperti banyak kota lain di Swiss, Spiez tidak memiliki inti kuno – kecuali sebuah kastil tua, yang dihiasi dengan bangunan rendah yang kecil tapi indah.

Namun, alam setempat layak untuk dikunjungi dalam perjalanan Anda ke Swiss. Perairan Skyey Danau Thun dikelilingi oleh Pegunungan Alpen Swiss yang menjulang tinggi, yang dengan hati-hati melindungi mereka dari angin dingin. Kehijauan yang menakjubkan dari alam dan kebun anggur Swiss melengkapi palet warna biru.

Pastikan untuk mencoba produk kilang anggur lokal dan spesialisasi ikan yang menggugah selera. Selain aktivitas dan atraksi dalam kota, Anda dapat melihat banyak pemandangan yang dapat ditemukan dalam jarak 20 menit berkendara dari Spiez; beberapa di antaranya dapat Anda capai jika naik perahu di Danau Thun.

15. Danau Lugano dan Ticino

tempat terintah di swiss

Danau Lugano terletak di perbatasan Swiss/Italia di Ticino. Jeruk, ara, palem, dan delima tumbuh subur di iklim yang sejuk di sini, bahkan saat puncak-puncak yang tertutup salju mengisyaratkan di kejauhan. Di kota-kota di sekitar Danau Lugano dan Danau Maggiore di barat, nuansa Italia tidak diragukan lagi dalam arsitektur, piazza, dan hasrat akan makanan lezat, yang memenuhi perbatasan Italia dari selatan, timur, dan barat.

Pengunjung dapat menjelajahi daerah tersebut dengan berkeliling danau di salah satu kapal uap putih atau menyewa perahu. Untuk panorama, Monte San Salvatore menawarkan salah satu pemandangan paling spektakuler dari pedesaan di sekitarnya, danau, dan puncak yang tertutup salju.

Lugano, pusat keuangan dan kota terbesar dan terpenting di Ticino, adalah resor musim panas yang populer. Di barat laut Lugano, di Locarno yang bermandikan sinar matahari di Danau Maggiore, kehidupan tepi danau Swiss mengambil sentuhan subtropis dengan hari-hari yang hangat, taman yang mekar, dan perkebunan yang dipenuhi pohon palem. Di Bellinzona, tiga kastil megah adalah situs Warisan Dunia UNESCO.

Baca Juga