Home Travel Aman Budget, Ini dia 11 Destinasi Wisata di Vietnam yang Wajib dikunjungi
destinasi wisata di Vietnam

Aman Budget, Ini dia 11 Destinasi Wisata di Vietnam yang Wajib dikunjungi

by Wahyu Ilahi

Selain Singapura, Thailand, dan Filipina salah satu negara yang digemari wisatawan asal Indonesia untuk berlibur adalah Vietnam. Destinasi wisata di Vietnam yang membuat para wisatawan tertarik salah satunya adalah hamparan hijau sawahnya di utara, delta sungai mekong di selatan, sampai kota bersejarah Ho Chi Min City. Vietnam mungkin terlihat kecil di peta, tetapi negara yang menarik ini memiliki keindahan yang cukup untuk mengisi sebuah benua. Vietnam adalah perpaduan yang menakjubkan antara keindahan alam dan keragaman budaya.

Pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pecinta alam bebas dapat menikmati pedesaan di dalam berbagai taman nasional, sedangkan pemandangan laut yang spektakuler di Teluk Halong adalah salah satu pemandangan alam yang bahkan orang yang lebih malas pun dapat mengalami dari dekat dengan kapal pesiar.

Sementara daerah pedesaan dipenuhi dengan panorama yang fantastis, kota-kota besar bernafas dengan kehidupan kontemporer dan memberikan banyak kesempatan untuk terjebak dalam kuliner Vietnam yang lezat.

Negara yang mempesona ini penuh dengan kejutan dan merupakan salah satu tujuan Asia Tenggara yang paling diremehkan. Rencanakan liburan Anda dengan tempat terbaik untuk dikunjungi di Vietnam.

Hà Giang

Destinasi wisata di Vietnam yang pertama adalah Hà Giang, daerah ini mungkin jarang disebutkan jika berbicara destinasi wisata di Vietnam. Tapi percayalah ini tempat yang luar biasa indah.

Hà Giang itu berbatu, terpencil dan merupakan tujuan yang luar biasa di Vietnam. Daerah ini menampilkan beberapa pemandangan terbaik di negara ini, menghadap sawah bertingkat dan lembah dalam yang telah diukir menjadi pegunungan kapur selama ribuan tahun. Jika Anda menyukai bersepeda motor, pastikan untuk memeriksa Quản Bạ Pass atau Mã Pí Lèng Pass, ini merupakan cara yang paling menyenangkan untuk menikmati keindahan alam daerah tersebut.

Tidak lupa, pemandangan yang memukau dalam perjalanan epik antara Dong Van dan Meo Vac dan kesempatan untuk menjelajah ke Lung Cu, sebuah bendera di puncak bukit menara yang menandai titik paling utara negara itu. Dan dengan jalan yang lebih baik, rute trekking baru, dan pilihan wisma, homestay, dan restoran yang lebih luas di kota-kota kecil dan desa di provinsi ini, ujung utara Vietnam dengan kuat menanamkan dirinya di peta perjalanan sebagai hotspot bagi pengendara sepeda motor dan non-pengendara sepeda motor.

Ha Long Bay

Jika berbicara tentang destinasi wisata di Vietnam, sudah bisa dipastikan bahwa Ha Long Bay wajib untuk masuk list. Wisata alam yang satu ini sudah cukup terkenal di dunia karena termasuk salah satu keajaiban alam dunia dan terdaftar di UNESCO World Heritage Site. Tempat ini berlokasi di daerah Vietnam utara dekat dengan perbatasan Cina.

Dengan pesona air lautnya yang berwarna hijau toska, pulau-pulau berbatu yang menjulang tinggi, Ha Long Bay sering diibaratkan sebagai negeri dongeng. Ha Long Bay memiliki luas sekitar 1533 km persegi dengan lebih dari 2000 pulau kecil. Pulau-pulau tersebut kebanyakan merupakan pulau karst atau batuan kapur.

Untuk menikmati keindahan kepulauan karst di tempat ini, wisatawan bisa berlayar mengunakan kapal. Wisatawan akan diajak mengikuti perjalanan singkat dan menikmati pemandangan luas Ha Long Bay menggunakan kapal tradisional yang sangat unik.

Ada banyak gua yang bisa Anda kunjungi termasuk Hang Sung Sot, dengan tiga gua raksasa, dan Hang Dao Go, dengan stalagmit dan stalaktit yang sangat aneh. Wisatawan juga bisa menjelajah gua Me Cung atau yang lebih dikenal dengan Bewithching Grotto. Ketika wisatawan memasuki gua, akan langsung disambut dengan stalagmit yang indah dan alami.

Ba Na Hills

Ba Na Hills adalah gunung setinggi 1.487M diatas permukaan laut di barat kota Da Nang. Tempat ini juga dikenal sebagai destinasi wisata di Vietnam yang sering didatangi oleh wisatawan dari berbagai negara. Di puncaknya terdapat sebuah pemukiman sibuk yang menjadi keunikannya.

Ba Na Hills memiliki tempat yang cukup menarik yaitu Jembatan Emas. Jembatan Emas berada di kebun Thien Thai dan dari atas jembatan ini wisatawan bisa menikmati pemandangan seluruh kota Da Nang. Selain itu, wisatawan juga dapat berkunjung ke Desa Perancis dimana Anda bisa melihat bangunan-bangunan ala Prancis kuno lengkap dengan gereja, lampu-lampu dan mobil antik. Kalau beruntung, wisatawan juga bisa menyaksikan karnaval.

Untuk menuju ke destinasi tempat wisata di Vietnam ini, wisatawan tidak perlu mendaki karena lobi resort tersebut berada di kaki gunung. Di lobi, wisatawan bisa membeli tiket masuk yang berlaku untuk satu hari seharga 700.000 Dong. Dengan ini, wisatawan bisa menjelajahi Ba Na Hills sepuasnya.

Hoi An : The Ancient Town

Jika Anda pergi ke Vietnam dan hanya punya waktu untuk mengunjungi beberapa tempat saja, jadikan Hoi An sebagai salah satunya. Hoi An merupakan sebuah kota di yang terletak di pesisir Laut China Selatan di Provinsi Quảng Nam. Kota Hoi An mendapat predikat sebagai kota tua warisan UNESCO, yang juga dikenal sebagai “Hoi An: The Ancient Town”.

Masa lalu kota ini sebagai pelabuhan perdagangan di jalur sutra telah mengembangkan sejarah yang kaya dalam menjahit, dengan ratusan penjahit profesional masih bekerja sampai sekarang, jadi habiskan beberapa hari di sini dan buat gaun atau setelan bagus yang dibuat khusus untuk Anda.

Sepanjang jalan di tempat ini wisatawan juga akan menemukan banyak sekali penjual makanan dari banyak sekali warung makan di pinggir jalan. Jika Anda menyusuri seputar jalan Old Town Hoi pada malam hari, Anda akan bisa menemukan banyak sekali lampion-lampion terpasang di atas jalan Hoi An.

Pulau Phu Quoc

Disusun oleh perairan biru dan berbatasan dengan jenis pantai berpasir putih yang membuat para pencari matahari tenggelam dalam pemandangan yang memanjakan mata. Destinasi wisata di Vietnam yang satu ini berada jauh di selatan Vietnam, sangat ideal untuk minum koktail di tepi laut dan memandang matahari tembaga saat terbenam ke laut.

Pulau ini, tepat di lepas pantai di perbatasan dengan Kamboja, telah disebut sebagai pulau surga rahasia karena pantainya yang masih asli dan pemandangan alamnya yang indah. Phu Quoc juga merupakan pulau terbesar yang ada di Vietnam.

Salah satu pantai indah yang ada di tempat ini adalah Ong Long Beach. Pantai ini sangat jernih dan indah. Ong Long Beach juga masuk dalam daftar lima pantai paling indah di dunia.

Hue

Destinasi wisata di Vietnam berikutnya adalah Hue. Kota ini pernah menjadi ibu kota kekaisaran Vietnam dan banyak dari sejarahnya yang kaya masih tersisa. Bagian tengahnya adalah Benteng dan Kota Kekaisaran yang tertutup. Sayangnya, sebagian besar dihancurkan oleh pembom Amerika selama perang, tetapi masih banyak yang memberi Anda gambaran tentang bekas kemegahan kota itu.

Salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO juga berada di kota ini yaitu Komplek Monumen Hue. Di kompleks ini terdapat ratusan monumen dan reruntuhan seperti Kota Imperial, Forbidden Purple City, makam kerajaan, pagoda, kuil, perpustakaan dan museum. Komplek sejarah ini tidak hanya terkenal dengan arsitektur yang indah, tetapi juga kaya akan pemandangan yang menawan.

Danau Hoan Kiem

Destinasi wisata di Vietnam yang satu ini sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin mencari tempat menyepi dan menjauh dari hingar bingar kota. Meskipun lokasinya tepat di kota Hanoi. Danau Hoan Kiem menawarkan suasana tenang dan damai, danau letaknya cukup dekat dengan Kuil Ngoc Son, banyak masyarakat Hanoi menghabiskan waktu di tempat ini.

Di Danau ini terdapat sebuah Jembatan berwarna merah yang melintas di danau. Jembatan ini merupakan jalan yang menghubungkan daratan dengan pulau kecil di tengah danau dimana Kuil Ngoc Son berada.

Sapa Terraces

destinasi wisata di vietnam
Image by Duy Hieu

Sa Pa ialah sebuah kota di Vietnam yang berada tidak jauh dari perbatasan Cina. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati hijaunya pesawahan yang mengelilingi Sapa, dibatasi oleh puncak bergerigi Pegunungan Hoang Lien adalah rumah bagi pemandangan pedesaan paling indah di Vietnam.

Lembah yang dalam di sini adalah rumah bagi beragam etnis minoritas di negara itu, termasuk orang Hmong, Giay, dan Dzao Merah, sedangkan perbukitan yang beriak bertingkat dengan sawah dan menghadap ke puncak tertinggi di negara itu, Gunung Fansipan.

Destinasi wisata di Vietnam ini adalah tujuan trekking teratas di negara ini, dengan banyak sekali pilihan untuk trekking atau hiking di antara desa-desa kecil dan menikmati pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Sapa sendiri adalah basis utama di sini – stasiun bukit tua Prancis dan sekarang menjadi pusat wisata yang ramai dan terus berkembang yang sangat kontras dengan pedesaan yang tenang dan mewah tepat di depan pintunya.

Nha Trang

Jika Anda ingin bermain pasir di pantai Vietnam, Nha Trang adalah rajanya. Pantai yang terawat dengan baik berjalan sepanjang enam kilometer di sepanjang garis pantai pusat kota Nha Trang dan selama musim panas dipenuhi dengan masyarakat lokal yang sedang berlibur, serta wisatawan asing.

Ada tempat berenang yang sangat baik di sini dengan area berenang yang ditentukan dan area bersantai yang terawat yang menjadikan ini pilihan yang bagus untuk hari-hari santai berjemur dan pasir.

Jika Anda bosan berjemur, Menara Po Nagar Cham kuno berada tepat di utara melintasi Jembatan Xom Bong dan telah digunakan sebagai tempat ibadah di sini setidaknya sejak abad ke-7.

Ada juga museum yang didedikasikan untuk karya Alexandre Yersin yang menemukan penyebab wabah pes dan mendirikan Institut Pasteur Nha Trang.

Salah satu daya tarik utama wisata Nha Trang adalah mandi lumpur. Dikatakan bahwa mandi lumpur bisa membuat kulit Anda menjadi lebih halus. Ada banyak sekali tempat yang menyediakan wisata mandi lumpur ini. Wisatawan bisa membeli langsung di tempat atau terlebih dahulu booking secara online.

Taman Nasional Ba Be

Taman Nasional Ba Be benar-benar menakjubkan dengan tiga Danau Ba Be yang saling terkait di jantungnya, dikelilingi oleh puncak karst yang bergerigi dan lereng berhutan lebat. Taman ini adalah surga bagi ratusan spesies satwa liar, termasuk monyet, beruang, dan trenggiling serta salamander Vietnam yang sangat terancam punah.

Sebagian besar wisatawan datang ke sini untuk melakukan perjalanan perahu yang damai atau berkayak di danau dan menjelajahi gua-gua yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit di sekitarnya, tetapi untuk yang lebih aktif, ada juga pendakian dan trekking yang sangat baik di perbukitan di antara desa-desa etnis minoritas.

Ini adalah salah satu destinasi wisata di Vietnam yang paling damai, dan para pengunjung yang bermalam di sini tidur di akomodasi homestay rumah panggung tradisional di sepanjang tepi danau, memungkinkan pengalaman kehidupan pedesaan yang sederhana.

Ho Chi Minh

Destinasi wisata di Vietnam yang terakhir juga sebagai bonus adalah kota yang wajib dikunjungi yaitu Ho Chi Minh. Bagi penggemar kota besar, kunjungan ke Vietnam belum lengkap tanpa mengunjungi Kota Ho Chi Minh, pusat komersial yang ramai dan gila di negara ini. Jalanan penuh dengan sepeda motor dan mobil yang gila-gilaan, suasana restoran dan kafenya luar biasa kosmopolitan, dan tempat belanjanya adalah yang terbaik di negara ini.

Di pusatnya adalah Dong Khoi, distrik pusat yang relatif kecil dan mudah ditemukan, yang menyimpan sebagian besar pemandangan kota. Di sini, Anda akan menemukan Museum Kota Ho Chi Minh, dengan koleksi artefak brilian yang menyatukan kisah kota, dan Katedral Notre Dame yang megah, yang dibangun pada akhir abad ke-19.

Selanjutnya Anda bisa mengunjungi distrik tua Da Kao di dekatnya untuk beberapa contoh terbaik arsitektur kolonial Prancis kota yang masih bertahan dan juga untuk mengunjungi Pagoda Kaisar Giok dengan rangkaian ikonografi agama Buddha dan Tao yang mempesona. Setelah itu, Museum Sejarah harus dikunjungi bagi Anda para penggemar sejarah dengan tumpukan peninggalan yang dipamerkan dari berbagai situs arkeologi.

Bagi banyak wisatawan, dua atraksi besar yang tidak boleh dilewatkan hanyalah sedikit dari pusat, di sepanjang Jalan Nguyen Thi Minh Khai. Istana Reunifikasi, yang kemudian dikenal sebagai Istana Kemerdekaan, yang merupakan kediaman presiden Vietnam Selatan. Tempat ini terkenal sebagai tempat tank Vietnam Utara berhenti pada 30 April 1975, secara resmi mengakhiri perang. Ini adalah tempat yang benar-benar menarik untuk dikunjungi lengkap dengan perabotan tahun 1960-an yang masih ada.

Di dekatnya adalah Museum Sisa Perang, menceritakan gambaran tentang kebrutalan perang dan banyak kekejaman yang dilakukan oleh Pasukan AS selama kampanye perang Vietnam mereka.


Itulah 11 destinasi wisata di Vietnam yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke negara ini. Keindahan tempat-tempat wisata di Vietnam bahkan membuatnya sering dijadikan untuk lokasi film-film Hollywood. Salah satu keunggulan utama liburan ke Vietnam adalah dari segi budget yang cukup miring, dari mulai makanan hingga hotel semuanya tersedia dengan harga yang tidak perlu merogoh kantong cukup dalam.

Baca Juga