Home Culture Ini Dia 10 Makanan Khas Lebaran Terbaik dari Berbagai Negara
makanan khas lebaran

Ini Dia 10 Makanan Khas Lebaran Terbaik dari Berbagai Negara

by Wahyu Ilahi

Bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki menu makanan khas lebaran seperti opor, ketupat dan berbagai macam sajian kue kering yang selalu menjadi hidangan wajib pada saat lebaran datang, berbagai negara muslim di seluruh dunia yang turut merayakan Idul Fitri juga akan menyajikan hidangan khas lebaran dari daerahnya masing-masing.

Makanan merupakan salah satu inti dalam perayaan Idul Fitri, terutama pada saat keluarga besar serta semua kerabat berkumpul bersama untuk merayakan hari kemenangan yang datang setelah sebulan berpuasa.

Tanpa basa-basi, berikut adalah 10 makanan khas lebaran terbaik dari berbagai negara.

Mugalgal

makanan khas lebaran

Idul Fitri atau lebaran adalah perayaan bagi umat muslim di seluruh dunia. Bila kita menyebut tentang muslim, semua akan tertuju pada Arab Saudi yang merupakan pusat muslim di seluruh dunia. Bisa dikatakan mugalgal adalah menu sarapan khas timur tengah yang sangat populer terutama di Arab Saudi.

Makanan ini memang terdengar agak asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Terbuat dari daging domba atau ayam cincang, tomat segar, dan lada hijau yang digoreng dengan rempah-rempah khas lainnya menjadikan rasa dan aroma dari mugalgal sangat khas.

Bolani

makanan khas lebaran

Makanan khas lebaran terbaik berikutnya adalah bolani. Bolani juga terkadang disebut periki, merupakan roti pipih isi yang berasal dari Afghanistan. Hidangan satu ini paling sering digoreng, tetapi kadang-kadang dipanggang, dan diisi dengan sayuran, kentang, atau bahkan daging cincang. Ini adalah pilihan yang bagus untuk disajikan sebagai makanan pembuka, tetapi tergantung pada preferensi masing-masing, bisa jadi makanan lengkap dengan sendirinya. Dalam resep tradisional, bolani akan disajikan dengan yogurt tawar atau saus yogurt mint.

Lokum

makanan khas lebaran
Image by S Mumtaz

Lokum atau Turkish delight adalah manisan yang dibuat dari gel pati dan gula. Rasanya manis dengan aroma yang sangat harum. Di toko yang menjual lokum, biasanya kamu bisa melihat berbagai jenis lokum dipajang dalam susunan yang sangat menarik.

Lokum tersedia dalam banyak pilihan aroma, seperti mawar, jeruk, dan lemon. Ada juga aroma mint dan kayu manis. Tiap potongan dari lokum biasanya dibalut dengan tepung gula atau kelapa agar tidak saling menempel satu sama lain. Beberapa varietas lokum yang lebih premium juga biasanya diberi campuran hazelnut, kurma, atau pistachio di dalamnya.  

Sheer Khurma

Makanan khas lebaran yang satu ini sering dibuat selama Idul Fitri di daerah India, Afghanistan, Pakistan dan juga sebagian Asia Tengah. Walaupun memiliki gaya yang relatif berbeda-beda disetiap daerah dalam hal penyajian, tapi inti bahan yang dipergunakan masih tetap sama.

Sheer Khurma adalah puding bihun yang dibuat dengan susu, banyak kacang-kacangan, kurma dan gula. Hidangan ini secara harfiah berarti susu dengan kurma. Perayaan Idul Fitri agak tidak lengkap kecuali memiliki Sheer Khurma.

Kahk

Kahk adalah biskuit tradisional yang disajikan di Mesir selama Idul Fitri. Makanan khas lebaran dari Mesir ini diketahui sudah ada sejak sekitar tahun 1540 SM. Kahk adalah sejenis kue gula mentega dengan tekstur berpasir dan rasa agak aromatik. Hidangan ini begitu lembut dan sedikit dibumbui, dengan isian tradisional kurma, madu, dan bahkan Turkish delight.

Tagine

Tagine, terkadang dieja “tajine”, adalah bejana masak tradisional Maroko yang terbuat dari keramik atau tanah liat tanpa glasir dengan alas bulat dan sisi rendah. Hidangan ini dinamai berdasarkan tempat memasaknya. Biasanya dibuat dari daging ayam yang dipadukan dengan buah-buahan kering, namun pada saat hari lebaran tagine dengan daging domba atau daging sapi biasanya tersedia.

Kaleji Masala

Kaleji adalah makanan khas lebaran yang menggunakan daging kambing atau hati ayam. Ini adalah hidangan umum di India dan dibuat dengan masala atau goreng. Kaleji Masala sendiri dapat disajikan dengan saus atau sebagai hidangan kering.

Maamoul

Maamoul adalah kue tradisional Timur Tengah utamanya di Suriah dan Lebanon yang biasanya dibuat dan disajikan pada saat Idul Fitri. Maamoul biasanya berisi kacang pistasi dan kenari. Kemudian untuk bagian luarnya kue maamoul biasanya ditaburi gula halus untuk menambahkan cita rasa manis.

Manti

makanan khas lebaran

Manti merupakan makanan khas lebaran yang biasanya di sajikan oleh penduduk Muslim yang berada di daerah Rusia dan negara-negara Asia Tengah seperti Uzbekistan, Kazakhstan, dan Turkmenistan. Manti merupakan hidangan berupa pangsit berisi daging, daging yang digunakan pun beragam jenisnya dari mulai daging domba atau pun daging sapi yang sudah di bumbui.

Biryani

Makanan khas lebaran yang terakhir adalah biryani. Biryani adalah hidangan berupa nasi, biasanya dari beras basmati. Beras ini dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran, atau daging. Dagingnya bisa ayam, kambing, ikan, udang atau sapi. Meskipun ayam adalah bahan paling umum yang digunakan, tak jarang juga diganti dengan daging kambing dan domba.

Baca Juga